Relocate

Ibu negara yang terhormat kemarin melakukan sedikit perombakan di kamar anak-anak, yang mengakibatkan server homelab & switch yang selama ini tersembunyi di bawah rak buku mereka harus ikut dipindahkan. Tapi apesnya dengan layout yang baru ini agak susah untuk tetap menempatkan server homelab & switch di kamar mereka.

Terpaksalah barang-barang keramat ini sekarang menghuni rak TV di ruang keluarga lantai 1. Agak khawatir karena open space, khawatir karena besok-besok pasti aja nih kalo gak USB (saya install ESXi hypervisor di live USB flash), kabel power, atau kabel LAN bakal usil dicabutin anak-anak, atau kesenggol pas nenek ngelap rak TV. Kalo sampe kejadian, bisa rugi jutaan dollar per jam.. belum lagi anak-anak yang jadi gak bisa nonton yutub kids. No seriously, minimal di situ ada DNS & IPS yang fungsi utamanya buat jaga CCTV dan local device dari malware dan bots.

Tapi ada satu dua enaknya naruh ni barang-barang di open space begini, pertama karena flow udara yang jauh lebih baik, dan yang kedua bisa menikmati kerlap kerlip lampunya secara langsung (entahlah, ngeliatin blinking LED perangkat server/switch ada kesenangan tersendiri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *