Categories
Story

Sansevieria atau Daun Lidah Mertua Penyerap Racun

Beberapa hari yang lalu saya dibawain Ayah saya tumbuhan Daun Lidah Mertua, atau dalam bahasa ilmiahnya Sansevieria. Dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut juga snake plant, mother-in-law´s tongue, devil’s tongue, jinn’s tongue, dan bow string hemp. Beliau bilang, tumbuhan ini bisa menyerap racun / polutan yang ada di udara. Biasanya banyak ditanam di lingkungan rumah sakit. Hmmm apa iya? Setelah saya cari tau di internet, eh ternyata betul!

Dari referensi yang saya dapet, secara umum sansevieria (lidah mertua) dapat dikelompokkan menjadi dua jenis. Jenis dengan daun pendek (sekitar 8 cm) dan jenis dengan daun panjang (50-70 cm). Sansevieria memiliki daun yang berwarna beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag.

Ciri sansevieria (lidah mertua) secara umum lainnya memiliki rimpang, berdaun tebal, serta ujung daunnya runcing atau berduri. Mampu menyimpan air dalam jumlah yang banyak pada seluruh bagian tubuh. Mampu hidup di daerah yang kering dan tandus sekalipun. Macam jenis sansevieria bisa mencapai 70 spesies. Bahkan jika termasuk jenis hibrida macamnya bisa mencapai dua kali lipat lebih. Beberapa spesies sansevieria antara lain; Sansevieria angustiflora , S. cylindrica, S. dawei, S. ehrenbergii, S. grandis, S. hyacinthoides, S. kirkii, S. metallica, S. trifasciata, dan lain-lain.

Sansevieria atau lidah mertua merupakan salah satu tanaman istimewa karena mempunyai kemampuan sebagai penyerap racun (polutan) di udara. Jenis racun yang mampu diserap oleh Sansevieria antara lain karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin. Jadi cocok untuk diletakkan di kamar seorang perokok! 😉 Berdasarkan penelitian Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA; National Aeronautics and Space Administration), sansevieria atau lidah mertua mempunyai kemampuanmenyerap hingga 107 jenis unsur berbahaya (racun atau polutan)! Riset lainnya mengatakan bahwa dengan 5 helai daun sansevieria dewasa mampu menyerap dan membersihkan ruangan seluas 100 m3 dari berbagai jenis polutan.

Selain sebagai tumbuhan penyerap racun, Sansevieria atau lidah mertua ternyata mempunyai berbagai khasiat lain. Manfaat itu antara lain seperti; penutup luka, antiseptik, obat wasir, cacar, cacing, penyakit mata dan telinga, dan juga sebagai bahan minuman penyegar tubuh. Beberapa jenis sansevieria juga berkhasiat sebagai anti malaria, anticendawan, antikolesterol, sampai antikanker. Ngeliat manfaat dan kemampuan sansevieria sebagai tanaman penyerap racun, kayaknya tumbuhan ini wajib ditanam terutama buat yang tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat pencemaran udara yang tinggi. Apalagi tanaman ini bisa ditanam di pot dalam ruangan sekalipun. Referensi:

  • alamendah.wordpress.com/
  • www.theplantlist.org/browse/A/Asparagaceae/Sansevieria/
  • en.wikipedia.org/wiki/Sansevieria
  • commons.wikimedia.org/wiki/Category:Sansevieria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *