Monthly Archives: October 2009

Autofocus Pada Nokia E71

Ponsel KEREN kayak Nokia E71 dan E66 sebenernya punya fitur yang sama persis. Salah satu di antaranya adalah kamera 3,2 mega pixel Autofocus. Tapiiiii.. gak seperti E66 yang punya tombol kamera khusus pada bagian samping casing yang bisa ditekan setengah untuk mengaktifkan autofocus, E71 gak punya tombol khusus buat jepret. Yang ada adalah tombol Navi key alias tombol gede pada bagian tengah yang biasa dipake buat pilih2 ini-itu. Dengan menekan tombol itu kita bisa jepret sana sini, tapi tanpa autofocus.

Lalu gimana caranya supaya kita bisa jepret2 foto dengan autofocus? Awalnya aku juga bingung waktu pake hengpon E71 punya Rani. Si empunya hengpon juga sama aja bingungnya. Sempet berpikiran jangan-jangan, jangan-jangan.. jayuice.

Akhirnya setelah googling sana sini, dapet referensi dari sini nih. Ternyata saudara-saudara.. caranya adalah.. Setelah membidik objek yang mau dijepret, tekan tombol “T” pada keypad, lalu setelah mendapatkan focus yang pas barulah kita tekan tombol Navi key. Tapi setelah dipikir2 kok kayaknya nggak auto-auto banget ya? masa harus pijit dua tombol buat gitu aja? :D.

nokia-e71-add-featuremap-800

Sierra C885 + XL Internet Prabayar

Yaaaayyyyy senangnya hati ini.. la la la.. 😀

Kmaren siang pas jam istirahat kantor aku langsung ngibrit ke mall Ambassador di Kuningan, mau beli modem Sierra C885 yang udah di-idam2-kan dari dulu.

Sempet muter-muter di mall tersebut, tanya sana tanya sini. Ternyata harganya bervariasi, mulai dari 570 sampai ada yang jual 650 ribu rupiah. Varian nya pun seolah-olah ada 2, yang ada logo AT&T di atasnya, dan polos hitam tanpa ada logo apa-apa. Pas liat barang yang ada logo AT&T, kok aku ngerasa agak janggal. Bagian atas dari modem-modem tersebut (ya, aku lihat ga cuma satu barang aja, tapi beberapa) kok udah pada gores halus gitu ya. Kayak barang bekas.

Wah.. mulai berpikiran jangan-jangan barang dengan logo AT&T dan dengan packaging warna biru muda yang terlihat tidak meyakinkan ini adalah barang bekas, refurbished, atau return dari pelanggan AT&T di luar negeri sana. Secara kan garansi barang ginian pasti replacement, bukan repair lalu dikembalikan.

Lalu aku liat di toko lain ada yang jual modem Sierra C885 dengan warna hitam polos, tanpa ada logo AT&T di atasnya. Secara kasat mata sih modem yang ini terlihat meyakinkan. Pelindung plastik modem masih nempel, packagingnya juga terlihat lebih rapi dan profesional. Langsung hajar aja deh tanya harga nett nya ke yang punya toko. Bungkus bang! hehe..

Oyah, untuk masalah varian-varian modem yang terlihat gores atau packaging tidak meyakinkan, mungkin berbeda-beda yah tiap toko. Aku gak bilang bahwa semua modem dengan logo AT&T dan packaging/kardus warna tertentu tersebut adalah barang bekas atau refurbished. Mungkin berbeda antara toko yang satu dengan yang lain. Atau antar mall yang satu dengan yang lain, hehe… Hati-hati dan teliti sebelum membeli, kawan 🙂

Urusan modem kelar, skarang tinggal urusan kartu perdana internetnya nih. Mau pake apa? Indosat M2, Telkomsel Corporate Unlimited, atau -yang baru aja keluar- XL Unlimited Internet? Perdana Indosat M2 skarang na’ujubilah amit-amit mahalnya. Untuk yang perbulannya 125 ribu, harga perdananya 500 ribu. Ah nggak deh, lewat.. Trus untuk Telkomsel Corporate Unlimited, kebetulan aku gak bisa daftar karena kata orang Telkomsel (yang kantornya persis di atas kantorku) saat ini pengajuan Telkomsel Corporate *Basic *sedang di-pending. Gak jelas kapan bisa buka pendaftaran baru lagi. Mau coba-coba beli di luar agak ribet, mesti nunggu billing cycle yang mengikuti tanggal kalender. Belum lagi dengan review miring oleh kawan-kawan di forum kaskus, banyak yang komplain. Ada yang bilang lambat banget lah, susah konek lah, bahkan sampai kartu mati gak bisa dipake.

Okay..akhirnya pilihan jatuh pada kartu perdana prabayar XL. Selain menurutku lebih simple dalam penggunaan, karena kita gak perlu daftar ini itu dan kartu bisa langsung aktif, juga karena tarif bulanannya cukup wajar, 150 ribu rupiah. Isi ulang bisa pake voucher XL biasa, atau elektrik. Yang jelas, pastikan sebelum hari ke-30 pulsa kita harus tetap di atas 150 ribu rupiah. Untuk masalah kecepatan kurasa standar aja. Download speed ada di rentang 10-30 kBps. Oya, selama sebulan kita diberikan quota sebesar 1 Gigabytes, dan setelah lewat dari quota maka bandwidth akan diturunkan menjadi 64 kbps atau setara 8 kBps.

Menghapus Iklan di Yahoo! Messenger

Seperti versi2 sebelumnya dari Yahoo! Messenger, ada banyak iklan yang tampil di bagian bawah jendela contact list. Sebenernya iklan2 tersebut bisa dinonaktifkan atau dimatikan dengan cara memodifikasi registry windows. Untuk menghapus, dan menonaktifkan tampilan iklan di Yahoo! Messenger, ikuti trik di bawah ini:

  1. Run Registry Editor (regedit.exe).
  2. Buka registry key berikut: HKEYCURRENTUSERSoftwareYahoopagerLocale
  3. Di jendela sebelah kanan, cari key bernama “Enable Messenger Ad” dengan nilai default 1. Ganti nilai tersebut menjadi 0.
  4. Restart Yahoo! Messenger (versi 9 beta, 8 & 7) 

Untuk Yahoo Messenger versi 9 final, gak bisa dengan sekedar memodifikasi registry key. Tapi harus mengganti file binary YahooMessenger.exe dengan yang sudah di-crack. Untuk itu, temen2 bisa download file binary nya di sini. Harap sesuaikan file binary tersebut dengan versi Yahoo! Messenger yang terinstall, apakah versi 9.0.0.2018, 9.0.0.2034, atau 9.0.0.2112. Selamat mencoba!

*Referensi:mydigitallife.info

Free Nokia Maps License Key

UPDATE Sekarang Nokia Maps ngga perlu lagi pake license. Silahkan download versi terbaru dari Nokia Maps dengan fitur yang lebih canggih, dan gratis tentunya, di >> sini <<

Yep, Free Nokia Maps License Key..!! Tapi buat seminggu doang, hihihi.. ;)) Mau? Click aja >> dimari <<

Bagi kalian yang masih pake Nokia Maps 2.0 untuk navigasi GPS, sebaiknya update aja deh ke Ovi/Nokia Maps 3.0. Berdasarkan pengalaman sih kurasa jauh lebih baik, interfacing nya lebih ciamik. Dan jangan lupa download Maps/Peta terbarunya juga pake Nokia Map Loader, supaya jalan dan tempat yang dikenali lebih banyak 😉

Setelah 7 hari, free license tersebut udah ga bisa dipake lagi buat routing atau navigasi. Tapi untuk liat-liat peta sih masih bisa. Untuk ngakalinnya, masukin aja nomor handphone yang lain di situs nokia nya hehe.. Supaya ntar dikirimin lagi free license key yang baru. Okay, selamat mencoba kawan!